Sabtu, 30 Maret 2013

WORD ORDER PART 2

Sebelumnya telah dibahas tentang Noun Phrase, yaitu Noun sebagai kata inti (head) yang dirangkai dengan sejumlah adjective sebagai modifier (pemberi makna atau batasan tertentu) terhadap Noun tersebut. Misal : The two smart big mature white Lampung elephants. Headnya adalah elephants. Karena Headnya adalah Noun, maka Noun Phrase bisa menempati posisi subjek atau objek di dalam kalimat.

Selain Noun Pharse, kita akan menemukan gabungan kata-kata yang tidak bisa kita golongkan ke dalam bentuk klausa atau kalimat karena tidak memenuhi unsur subjek predikat (subject+verb). Gabungan kata-kata itu bisa berupa frase kata kerja (phrasal verb), frase preposisi (prepositional pharse), atau frase kata keterangan (adverbial phrase).
Contoh frase kata kerja dalam bahasa Indonesia : Bolak balik, Pulang pergi, Kerja keras, Banting tulang, Peras keringat, Rindu dendam dan seterusnya. Dalam bahasa Inggris, pharasal verb misalnya : act up, answer back, break down, call off, carry out, hang out, hold on, pair up, put on, run away, set aside, sign off, sit down, smell out, stand up, strike back, take off, wait in, wait for, walk out, etc.

Contoh frase preposisi dalam bahasa Indonesia : Pada suatu hari, di tempat yang indah, dari arah timur pantai Kuta, di atas langit pulau Dewata. (pada, di, dari, di atas = kata depan). Contoh prepositional phrase dalam bahasa Inggris : on my mind, in the era of information, at big village. (on, in, at = preposition).

Dalam Bahasa Arab, preposisi termasuk di antaranya adalah harfu jar : min = dari, ila = ke, ‘an = dari/ atas, fii = di/ di dalam, ka = seperti, bi = dengan, li = bagi/ untuk, termasuk juga seperti misalnya kata : ma’a = bersama, baina = di antara, bijanibi = di samping. Tidak ada kata kerja atau fi’il dalam bahasa Arab didahului oleh preposisi. Isim atau kata benda yang didahului oleh oleh preposisi menjadi majrur (sederhananya akhirannya ketika dibaca harus berbunyi “I”). Contoh : bainal masjidi wal jami’ati (antara mesjid dan kampus), minal masyriqi ilal maghribi (dari Timur hingga ke Barat). Tidak boleh dibaca misalnya : Minal masyriqu ilal Maghriba,..salah, bisa ditertawakan orang Qatar..^ _ ^

Contoh prepositional phrase dalam bahasa Inggris : In the morning light on sunny day (dalam hal ini prepositional phrase sama saja dengan adverb of time / keterangan waktu).

Ok,…
Selanjutnya kita akan membicarakan tentang adverbial phrase. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa di antara jenis parts of speech dalam bahasa Inggris, adverb adalah part of speech yang paling fleksibel. Adverb bisa berfungsi menerangkan kata kerja (verb), bisa menerangkan kata sifat (adjective), bisa menerangkan adverb (kata keterangan) itu sendiri, bahkan bisa dipakai untuk menjelaskan whole (entire) sentences (keseluruhan kalimat). Karena sangat fleksibel-nya adverb maka orang Inggris membagi jenis-jenis adverb sedikitnya ke dalam 5 jenis adverb sekaligus membuat aturan bagaimana cara menempatkan adverbs dalam adverbial pharse tersebut.

Oh iya, ada yg kelewat. Prepositional pharse tidak bisa menempati posisi subjek (karena tidak bisa melakukan tindakan apapun), contoh kata-kata : pada suatu hari, kata-kata ini tidak bisa jadi subjek. In the era of information, (tidak bisa jadi subjek, kecuali in nya dihapus : the era of information is….). Begitu pula dengan adverbial pharse dan phrasal verb, karena kata-kata intinya bukan noun, jadi tidak bisa adverbial pharase atau phrasal verb ini menempati posisi Subjek ataupun Objek di dalam kalimat.

Kecuali participial phrase (V-ing + Noun / V-ed+Noun) bisa menempati posisi subjek ataupun objek, karena kata intinya adalah Noun. Perhatikan contoh berikut :

The frightened girl run fast in the hard rain (gadis yang ketakutan itu lari cepat di antara hujan deras)

Atau

The frightening girl jumps over flying over. (gadis yang menakutkan itu loncat di atas jembatan layang)

Prepositional phrase dalam contoh di atas menempati posisi subjek. Tapi bisa juga menempati posisi objek, contoh : I saw a frightened girl last night. (tadi malam saya melihat gadis yang ketakutan).

Dalam participial kita kadang salah mengungkapkan, misal menggunakan kata “boring” (bosan) : “Saya lagi boring nih”!, kata Alif. I’m boring , secara struktural bisa dibenarkan, tapi secara makna salah ,karena boring artinya membosankan, pelaku aktif. I’m boring artinya saya membosankan…(so what gitu loh?). Harusnya I’m bored. Atau lengkapnya misal : I’m bored because TV program is boring. Saya bosan (terkena/dikenai perasaan bosan) karena acara TV membosankan.


Ok, kembali ke adverbial phrase!!

1. Adverb of manner (keterangan cara) berfungsi menerangkan kata kerja, umumnya berakhiran..ly, jika diterjemahkan mengandung makna secara…., dengan….., atau dengan cara……

Contoh : He carelessly drives the car (dia menyetir mobil dengan ceroboh). Carelessly menerangkan main verb yaitu drive. Posisinya bisa di letakan sebelum main verb itu. Atau bisa juga begini : He drives the car carelessly. Adverb di taroh di akhir kalimat, bukan menerangkan the car (noun). Tidak boleh ditaroh di antara main verb dan object. Misal : he drives carelessly the car (word order-nya salah). Biasanya susunan kalimat : Subjek+ Verb +Objek. Kalau ditaroh sebelum objek (yang pasti berupa noun) berarti berubah fungsi jadi adjective, padahal yang dimaksud adalah menerangkan cara dia menyetir mobil, bukan menerangkan mobilnya.

2. Adverb of place (keterangan tempat), misalnya : there, here, somewhere, in Bandung, on street etc. Penempatannya diletakan pada awal atau akhir kalimat. Keterangan yang spesifik diletakan sebelum keterangan yang lebih luas. Contoh : He drives the car carelessly on Soekarno-Hatta Street in Bandung.

3. Adverb of time (keterangan waktu), misalnya : now, last night, yesterday, tomorrow, next week, still, yet, then. Keterangan waktu ini bisa diletakan pada awal kalimat atau pada akhir kalimat. Khusus untuk still bisa diletakan sebelum kata yang diterangkannya, misal : My grandfather was still alive when I left him. Katerangan waktu yang lebih spesifik harus diletakan sebelum keterangan waktu yang lebih luas. Misalnya, He drove the car carelessly on Soekarno-Hatta Street in Bandung at 11.00 pm last night.

Dalam contoh di atas terlihat bagaimana seharusnya kita menempatkan adverb. Jika ketiga jenis adverb ini terdapat dalam sebuah kalimat, maka susunnanya adalah : Manner, Place, Time (MPT). Perhatikan penempatan : Carelessly, in Bandung, Last night.

Yang keempat adalah adverb of degree (keterangan tingkatan), misalnya : too, almost, merely, also, soon, just, rather, extremely, quite. Adverb jenis ini harus diletakan sebelum kata yang diterangkannya.
Khusus untuk kata enough (cukup) bisa berfungsi sebagai adjective (menerangkan noun) bisa juga adverb yang menerangkan adjective. Jika enough berfungsi sebagai adjective, letakan sebelum noun, misal: I have enough money for weekend in Bali (saya punya cukup uang). Tapi jika menerangkan adjective, letakan setelahnya, contoh : Your performance is nice enough , I really like you.

Yang kelima adalah adverb of frequency (keterangan frekuensi). Kalau misalnya keterangan frekuensi bermakna negative, seperti jarang (rarely, scarely, seldom) atau sulit (hardly) atau tidak pernah (never) sebaiknya diletakan pada awal kalimat. Jika menerangkan waktu tertentu, seperti misalnya : once (sekali), twice (dua kali), three times (tiga kali), every…., maka letakan adverb ini pada akhir kalimat. Jika adverb bermakna sering seperti : often, usually, always, frequently, occasionally, maka letakan sebelum main verb-nya. She usually reads Al Ma’tsurat and recites Al Qur’an every moring. She always comes at her office on time.
1. Mencari Uang Tanpa Modal Lewat Interpintar bahasa inggris mudah
septia-mujizat.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah › Interpintar bahasa inggris mudah
Diulas oleh Septia Mujizat
5 Sep 2012 – Mencari Uang Tanpa Modal Lewat Interpintar bahasa inggris mudah - Dunia Komputer danInterpintar bahasa inggris mudah ... Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : Rabu, September 05, 2012 ... Saat ini banyak sekali cara mencari uang di interpintar bahasa inggris mudah dan salah satu cara yg ...
2. Cara Dapat Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal - bisnis online paling ...
bisnisonline-palingmudah.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-dapat...
9 Jul 2012 – maaf gan saya tania, mau tanya bagaimana cara menarik saldo virtapay ke payza, apa menunggu di bulan september virtapay secara otomatis ...
3. [SHARE]Cara dapat uang gratis $10 dari interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal ...
borju-aj.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../sharecara-dapat-uang-gratis-...
2 Agt 2012 – Beneran ga sih bisa dapat uang $10 gratis di interpintar bahasa inggris mudah dan uang ini akan terus bertambah 2.0% setiap 24 jam hingga 75 hari kedepan dan ...
4. Cara AMPUH Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal | Tips ...
kolombloggratis.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-ampuh-menda...
Cara AMPUH Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal | Tips Bisnis Interpintar bahasa inggris mudah | Bisnis Interpintar bahasa inggris mudah Gratis Tanpa MODAL - Para Sobat Perhatikan ya beberapa ...
5. Dokgojin Blog: CARA MENCARI UANG DI INTERPINTAR BAHASA INGGRIS MUDAH TANPA ...
dokgojinlocker.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-mencari-uang-di...
28 Sep 2012. CARA MENCARI UANG DI INTERPINTAR BAHASA INGGRIS MUDAH TANPA MODAL/GRATIS ...dimana saya bisa mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah? di sini. Ada begitu banyak ...
6. CARA MENCARI UANG DI INTERPINTAR BAHASA INGGRIS MUDAH TANPA MODAL ATAU ...
updateberitamu.wordpress.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-mencari-uang-...
29 Okt 2012 – Assalamualaikum Wr.Wb sudah jarang sekali penulis tidak mengupdate tulisan di blog,ya karena penulis juga mempunyai kesibukan di ...
7. Cara Mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal
dhio89.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah › Bisnis Online
16 Des 2012 – Cara Mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal - Dunia interpintar bahasa inggris mudahsaat ini bukan hanya buat kesenangan semata, karna saat ini dunia interpintar bahasa inggris mudah ...
8. Bagaimana cari Uang Di Interpintar bahasa inggris mudah Buat Pemula
blogbintang.pintar bahasa inggris mudah › Bisnis
oleh Bintang Taufik - dalam 41 lingkaran Google+ -Lainnya oleh Bintang Taufik
25 Mar 2012 – Sunday, March 25th, 2012 ... tanpa modal. Uang online ini bisa bro dapatkan dengan cara legal tanpa tipu menipu. ... Ini adalah sebuah layanan penghasil uang receh di interpintar bahasa inggris mudah yang bisa dikatakan gratis dan tanpa modal.
9. Cara menghasilkan uang di Interpintar bahasa inggris mudah (online) Tanpa Modal
fathuraksal.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-menghasilkan-uang-...
YA BENAR! ANDA TIDAK SALAH LIHAT! Anda akan kami beri modal awal senilai $5 yang bisa anda kembangkan menjadi $10, $100, $1000 atau berapa saja, ...
10. Cara Baru Mencari Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah ~ Motivasi Bisnis Online
anasqu.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-baru-mencari-uang-dari-...Bagikan
14 Jun 2012 – Oke, ikuti langkah cara mencari uang yang nyaris tanpa modal ini. .....pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/08/cara-mendapatkan-uang-dari-interpintar bahasa inggris mudah.html ...
1. Cara Mencari Uang di Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal - Usaha Sampingan
usahadiinterpintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/cara-mencari-uang-di-interpintar bahasa inggris mudah/
Cara Mencari Uang di Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal. November 27th, 2012 Admin. caramencari uang di interpintar bahasa inggris mudah tidaklah sesulit yang dibayangkan orang. Apalagi ...
2. Cara mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal dan masuk AKAL
webjelajahonline.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-mendapatkan-...
13 Mei 2012 – Ipanel online adalah survey online yang membayar membernya dengan mengikuti survey tentang produk dan barang/jasa via online. Member ...
3. Berbagai Cara Mendapatkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah | BISNIS ONLINE
plapintar bahasa inggris mudah-bisnis-online.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../berbag...
oleh Bisnis Kita - dalam 104 lingkaran Google+ - Lainnya oleh Bisnis Kita
2 Okt 2012 – cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal 2012, cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah tanpa paypal • Cara Mendapatkan Uang dari ...
4. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Dan Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal ...
kumpulanterbaru2013.abatasa.pintar bahasa inggris mudah/.../cara-mendapatkan-ua...
1 Okt 2012 – Cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah kini bisa dilakukan oleh siapa saja ... Cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal lainnya yakni dengancara menjadi freelancer. ... Dikirim pada 01 Oktober 2012 di Uncategories ...
5. Cara Menghasilkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah - AF Sahabat Artikel
pintar bahasa inggris mudahabyfarhan.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-menghasilkan-...
oleh Aby Farhan - dalam 51 lingkaran Google+ - Lainnya oleh Aby Farhan
7 Jul 2012 – July 22, 2012 at 7:51 PM. [sekedar info] Menghasilkan Uang Tanpa Modal Di Interpintar bahasa inggris mudah (Mungkinkah ? Mungkin!) + Bukti Pembayaran ...
6. Menghasilkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal? | Republika Online
pintar bahasa inggris mudahrepublika.co.id › Konsultasi › Bisnis Online
1 Jul 2011 – ... dengan tanpa modal? Ibu Ruhayati - Bogor JawabBanyak caramenghasilkan uang dari rumah secara online. ... Menghasilkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal? Jumat, 01 Juli ... hudaasm Kamis, 27 September 2012, 01:28 ...
7. Cara dapat uang dari interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal - bisnis online paling ...
bisnisonline-palingmudah.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-dapat...
14 Agt 2012 – kalo perhitungan nya begitu sih enak juga jalanin nya cuman referal nya apa kita juga yang kasih uang, kalau uang yang kita dapat sekitar ...
8. Sumber Rejeki: Menghasilkan Uang Tanpa Modal Di Interpintar bahasa inggris mudah ...
caramenghasilkan-uang-lewatinterpintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/...
22 Jul 2012 – Menghasilkan Uang Tanpa Modal Di Interpintar bahasa inggris mudah (Mungkinkah ? Mungkin!) + Bukti Pembayaran - Luangkan waktu sejenak untuk menjelajahi situs ...
9. Cari Uang Tanpa Modal Dari PTC (Pay To Click) | KENTOS.WEB.ID
kentos.web.id › Bisnis
Diulas oleh Amri
10 Agt 2010 – cari duit tanpa modal (17), cari uang di interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal 2012(15), cara dapat uang di online tanpa mengeluarkan modal (2), cari ...
10. Cara mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal | Rumah Uang di ...
pintar bahasa inggris mudahrumahuang.pintar bahasa inggris mudah › Google Adsense › Tips And Trik
Anda penasaran dengan cara mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal uang, Baiklah sekarang saya akan buka ... Reply • Like • October 2, 2012 at 2:23am ...
1. serba_ada: cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal
juans-doank.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../cara-mendapatkan-uang...
30 Agt 2012 – CARA MENDAPATKAN UANG DARI INTERPINTAR BAHASA INGGRIS MUDAH Usaha dengan ModalKecil :: Cara Mendapatkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah, Usaha Rumahan ...
2. 4 Cara Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal | Tips ...
balada-sangpengembara.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../4-cara-mend...
25 Mei 2012 – 4 Cara Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal | Tips Pintar bahasa inggris mudah | Bisnis Interpintar bahasa inggris mudah Gratis >>> Para Sobat Perhatikan ya 4 Cara ...
3. 10 cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah - Plapintar bahasa inggris mudah Pengetahuan
cerita-cerita-agnespedrosa.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah › Bisnis Online
21 Apr 2012 – Banyak sekali cara untuk mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah. Baik tanpa... Namun untuk cara mendapatkan uang tanpa modal KUNCI nya 1 yaitu harus sabar. ... Diposkan oleh Plapintar bahasa inggris mudah Pengetahuan di 4/21/2012 06:43:00 PM ...
4. Empat Cara Menghasilkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah yang Pasti Menghasilkan
pintar bahasa inggris mudahsyamsulalam.pintar bahasa inggris mudah › Interpintar bahasa inggris mudah Marketing
oleh Syamsul Alam - dalam 1.566 lingkaran Google+ -Lainnya oleh Syamsul Alam
5 Sep 2012 – Ada ratusan cara menghasilkan uang di interpintar bahasa inggris mudah dan artikel ini akan ... Belajar Bisnis Online | Peluang & Ide Bisnis Modal Kecil dengan Untung Besar. Premium ... Diposkan pada 05 September 2012 oleh Syamsul Alam. ... Selama anda gunakan otak anda, tanpa produk pun anda bisa menghasilkan uang.
5. bisnis online tanpa modal langsung dapat $100.00 - gudang mp3 ...
gdmp3video.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../bisnis-online-tanpa-mo...
29 Jul 2012 – Cara Dapat Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah,$100 tanpa Modal ... akan menerima penukaran VIRTAPAY pada bulan september 2012 mendatang,kalau nanti ...
6. Usaha Sampingan: Bisnis Modal Kecil, Cari Uang Tanpa Modal ...
suramadumedia.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/.../usaha-sampingan.ht...
26 Apr 2012 – Yang saya maksud tanpa modal, karena untuk mendapatkan uangkita tidak harus ... Usaha dengan Modal Kecil :: Cara Mendapatkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah ... pintar bahasa inggris mudahindodollar.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012/04/justbeenpaid-cara-termudah- ...
7. Cara Mencari Uang di Interpintar bahasa inggris mudah | Mencari Uang di Marketiva AGEA
marketiva.mencariuang.web.id/cara-mencari-uang-di-intern...
2 suara
Apr 11th, 2012 ... Beragam cara deh untuk bisa menghasilkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah, dan berita baiknya, semuanya bisa anda dapatkan gratis. Semua ada ... program-program yang benar-benar menghasilkan uang tanpa modal alias gratis, ...
8. Cara Menghasilkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa modal Besar ...
cookies.web.id/2012/.../cara-menghasilkan-uang-dari-intern...
20 Jan 2012 – Cara Menghasilkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa modal Besar – Kini saatnya orang bekerja cerdas , jika anda merasa tidak gaptek alias ...
9. Pengalaman Mencari Uang Melalui Interpintar bahasa inggris mudah: Agustus 2012
wdnur.pintar bahasa inggris mudah.pintar bahasa inggris mudah/2012_08_01_archive.html
31 Agt 2012 – Logikanya, kalau orang mau mengeluarkan banyak uang untuk ....mencari uang dollar gratis lewat interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal dan nyata hasilnya ini, maka... (1) cara mendapatkan uang online (1) cari dollar mudah (1) cari uang ...
10. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog dan Interpintar bahasa inggris mudah Tanpa Modal ...
lagalus.edublogs.org/2012/.../cara-mendapatkan-uang-dari-...Bagikan
1 Okt 2012 – Banyak sekali cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah tanpa modal dan pastinya sangat mudah dilakukan. Mungkin anda pernah berfikir bahwa ...


Semoga Bermanfaat untuk sahabat pembaca WORD ORDER PART 2

Artikel Terkait

0 komentar :