Sabtu, 30 Maret 2013

Tips-Tips Menjawab Soal Reading

Kalau kita cermati soal-soal Tes Masuk PTN khususnya Bahasa Inggris dari zaman Proyek Perintis, SKALU, Sipenmaru, UMPTN, hingga zaman SPMB, soal reading menempati sekitar 20-30% dari jumlah soal Bahasa Inggris. Perubahan drastis terjadi dua tahun belakangan, dua kali SNMPTN (2009 & 2010), 100% soal Bahasa Inggris adalah reading. Soal-soal structure yang selalu muncul semisal Conditional, Causative, Tenses, Parallel Contruction hilang dari peredaran ^_^.

Saya setuju kalau soal-soal structure semisal Conditional dan Causative dihilangkan. Bukankah dua tema ini tidak dipakai oleh mahasiswa ketika mereka menulis laporan ilmiah atau tugas akhir, kecuali mungkin oleh mahasiswa yang mengambil jurusan Sastra Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris. Akan tetapi, untuk soal-soal Tenses atau Parallel kenapa juga harus dibuang?. Misal, kalau kita membuat tulisan yang ada keterangan waktu tahun yg sudah lewat, kan jelas gunakan Past Tense, atau misal membuat kalimat efektif, biar tdk ada pemborosan kata-kata, gunakan Parallel. Mengapa harus 100% reading?? Bukankah di Perguruan Tinggi mahasiswa dituntut tidak hanya memahami teks secara pasif, tapi juga dituntut aktif mampu menyampaikan gagasan, menulis ilmiah, membuat laporan dst dst. Dan itu butuh ilmu dasar yang mesti dipelajari. Aneh bukan, kalau universitas yg mengklaim world class university, mahasiswanya tidak bisa menulis abstract dalam bahasa Inggris, atau malah minta bantuan jasa penerjemah, atau copy paste dari google translate. Salahkah mahasiswa tsb?. Saya pikir, dalam sebuah sistem jangan pernah menyalahkan Out Put!.

Soal matematika misalnya, statistika, program linear, limit, turunan, ini wajib ada. Ilmu dasar ini, jelas terpakai (halah…sok bisa wae!). Intinya, sesuatu itu dibuat harus ada filosofi dan relevansinya. Jangan bersikap reaktif, sesuatu sudah terasa baru berbuat. Misal, jarang ditemukan entrepreuneur lulusan pendidikan formal. Sudah terasa ada yg salah, baru dibuat kurikulum, dimasukanlah mata kuliah kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Mengapa tidak dari dulu?. Mengapa tidak bersikap antisipatif?.

Jadi ngelantur….

Oke guys, kita lanjut ke materi tips menghadapi soal-soal reading…

Pertama, ketika kita menemukan soal reading konsentrasilah ke pertanyaan, garis bawahi kata kunci (menanyakan apa soal ini). Baru lihat teks. Seringkali kita menemukan kata-kata baru yang kita belum tahu artinya. Jangan gentar, yang penting kita dapat menangkap maknanya secara global. Lebih bagus lagi kita bisa menangkap maknanya per paragraf. Masalahnya, jangankan per paragraph, secara keseluruhan ga bisa dimengerti, ini teks membahas apa?...hmm..hmmm…hmmmmm.

Baiklah kalau begitu, loncat dulu ke pertanyaan berikutnya, siapa tahu soalnya lebih gampang, mulailah dari yang dianggap mudah, misal model soal yg begini : it refer to, they refer to…Kalau soalnya “it” berarti singular, jika pilihannya ada plural, jelas itu bukan jawabannya. Kalau They jelas plural, jika pilihannya ada yg singular, pasti bukan itu jawabannya. Kalau semuanya pilihannya sesuai, mau tdk mau harus memahami. Jangan lupa pahami juga kedudukannya, Subjek atau Objek dst.

Juga jangan terlalu asyik dengan teks. Misal secara global kita paham maksud teks itu, dan kita mendapat pengetahuan baru dari teks itu, terus jadi bikin penasaran, saking penasaran kemudian dibaca ulang lagi sampai detil…
Sebaiknya, kalau lagi mengerjakan soal, rasa penasaran dgn informasi yg ada pada teks tersebut ditahan dulu, konsentrasilah ke soal. Kita sedang berlomba dengan waktu. Nanti habis ujian, kalau soalnya boleh dibawa, bisa dibaca ulang dan dicari refernsi yg lebih detail.

Kedua, kalau kita sedikitnya paham maksud pertanyaan dan bisa memahami secara global teks yang dijadikan acuan pertanyaan, temukan baris-baris kalimat yang dijadikan pilihan jawaban. Garis bawahi kalimat-kalimat tersebut.

Ketiga, usahakan memahami informasi yang ada pada baris kalimat yang mengandung kata kunci pertanyaan. Kalimat yang sama maksudnya dengan kata kunci, tetapi biasanya diungkapkan dgn redaksi berbeda, itu jawabannya.

Keempat, ada model pertanyaan menguji penguasaan vocabulary. Misal, kata anu pada baris ke sekian Sama artinya dengan…….atau Kata anu baris ke sekian lebih baik diganti dengan kata……Kalau penguasaan vocabnya bagus, langsung kita bisa menjawab, tapi biasanya soal bukan menanyakan kata yang biasa kita temukan. Kata-kata yg ditanyakan biasanya kata yg belum pernah atau baru kali itu kita temukan :-). Bagaimana menjawabnya?. Garis bawahi kata itu. Temukan kata tersebut di teks. Untuk menjawab gunakan petunjuk :

Petunjuk pertama adalah Punctuation (tanda baca). Perhatikan kata-kata yang ada sebelum dan sesudah kata yang ditanyakan. Lihat kata-kata yang ada dalam kurung. Kalau tidak ada kata yang dikurung, lihat kata-kata yang diapait oleh koma, kalau tidak ada juga, lihat kata setelah tulisan or, kalau tidak ada juga, lihat kata yang ada diantara tanda -…………-

Petunjuk kedua adalah Restatment, pengulangan kalimat dengan redaksi yang berbeda. Perhatikan kata-kata yang ada setelah kata-kata: in other word, atau that is, atau in example, atau that is to say, atau or bla,bla,bla.

Petunjuk ketiga adalah Example, menunjukan dgn contoh. perhatikan kata setelah kata-kata: for example, such, such as, especially, as, like, for instance, including dst,dst semisal ini.

Kelima, model pertanyaan menanyakan tema teks adalah, atau kesimpulan teks tersebut adalah, atau judul yang tepat untuk tersebut adalah…. Cara menjawabnya:

Tema, judul, kesimpulan adalah kata-kata pendek yang mewakili atau mencakup keseluruhan teks. Kalimat yang mewakili tema bisa umumnya diletakan pada paragraf pertama (deduktif), atau pada akhir paragraf teks (induktif). Jadi kalau soal menanyakan tema, perhatikan paragraph pertama dan paragraph terakhir baru membaca ke tengah. Kata yang mewakili tema utama biasanya diulang-ulang, atau kalaupun tidak diulang-ulang, temukanlah sebuah kalimat yang mencakup keseluruhan teks.
1. Cara Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal
kerjaonlinedibayar.pintar bahasa inggris mudah sekali/cara/cara-mendapatkan-uang-dari-i...
Diulas oleh Abdul Rahman - 7 Feb 2013
Cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal diulas secara lengkap dan jelas untuk anda. Dapatkan segera informasi ... 7 Feb 2013 | cara. Tags: Cara ...
2. Kerja Online Dibayar
kerjaonlinedibayar.pintar bahasa inggris mudah sekali/
2013. Cara Mendapatkan Uang Lewat Interpintar bahasa inggris mudah sekali Belakangan ini banyak orang ...Untuk menjalan usaha sampingan tanpa modal melalui interpintar bahasa inggris mudah sekali anda harus ...
3. Cara Dapat Uang Dollar Gratis Terbaru 2013 - ABSEN HADIR™
absen-hadir.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-dapat-uang-dollar-g...
5 hari yang lalu – Langsung sajalah, tanpa basa-basi Cara Dapat Uang Dollar Gratis Terbaru 2013 ini 100% gratis Tanpa Modal, semua yang akan saya share ...
4. cara cepat kaya tanpa modal
caracepatkayatanpamodal.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/
22 Mar 2013 – Bagaimana cara cepat kaya tanpa modal bahkan dimodalin orang ...kesehatan (1); Kumpulan Motivasi DAHSYAT (1); mencari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali dengan ...malam ini tgl 22 maret 2013 ane membuka sinyal forex dimana sinyal yang .....Perusahaan ini sangat *SERIUS*, dapat dilihat dari investasi yang telah ...
5. Mencari Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal Dengan Wisbux (no scam ...
novicious.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../mencari-uang-di-interpintar bahasa inggris mudah sekali-t...
Mencari Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal Dengan Wisbux (no scam) ... bagaimanacara mendapatkan uang secara gampang dan tidak memerlukan modal .
6. berita 'N' musik: bagi" cara mendapatkan uang tanpa modal
perrymusik.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../bagi-cara-mendapatkan-...
Senin, 21 Januari 2013. bagi" cara mendapatkan uang tanpa modal ... lalu saya dapat ide. bagai mana caranya bisa menghasilkan uang lewat interpintar bahasa inggris mudah sekali.
7. Cara mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal | Rumah Uang di ...
pintar bahasa inggris mudah sekalirumahuang.pintar bahasa inggris mudah sekali › Google Adsense › Tips And Trik
Bagaimana cara mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal ? Menurut anda mungkin enggak mendapatkan uang dengan tanpa modal ? menurut saya pribadi...
8. Yahoo! Answers - Cara dapat uang di Profitclicking interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa ...
id.answers.yahoo.pintar bahasa inggris mudah sekali › ... › Lain-lain - Iklan dan Pemasaran
4 jawaban - 2 Jan
Cara dapat uang di Profitclicking interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal? ... ://bintangsury97.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/01/bagaimana-menghasilkan-50-sehari-di.html ...
9. Cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal: Maret 2013
usaha-dan-usaha.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013_03_01_archive.html
17 Mar 2013 – Sebenernya ya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal. Tapi disini saya akan khusus share mengenai adFly .
10. Cara mendapatkan uang dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa modal | Teguh's Mobile ...
teguha7x.mywapblog.pintar bahasa inggris mudah sekali/cara-mendapatkan-uang-dari-int...Bagikan
9 Jan 2013 – oke langsung saja,sebelumnya saya post Game java motocross nah sekarang Cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal, ...
1. Cara AMPUH Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal | Tips ...
kolombloggratis.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/.../cara-ampuh-mendapatkan...
ANTI VIRUS 2013 ... Cara AMPUH Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal | Tips Bisnis Interpintar bahasa inggris mudah sekali | Bisnis Interpintar bahasa inggris mudah sekali Gratis Tanpa MODAL ... Nah, artikel kali ini KBG akan berbagi rahasia cara saya cari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali gratis tanpa modal, ...
2. Cara Mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal
dhio89.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali › Bisnis Online
16 Des 2012 – Cara Mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal - Dunia interpintar bahasa inggris mudah sekalisaat ini bukan hanya buat kesenangan semata, karna saat ini dunia interpintar bahasa inggris mudah sekali ...
3. Affiliate Marketing Peluang Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal
jefferlysuperclub.pintar bahasa inggris mudah sekali/affiliate-marketing-peluang...
oleh Jefferly Helianthusonfri - Lainnya oleh Jefferly Helianthusonfri
1 Mar 2013 – Ingin tau cara mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal?... Dalam satu seminar yang pernah saya bawakan pada awal Januari 2013lalu, ...
4. 4 Cara Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali
digitalareas.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali › Tips-Trik
4 Cara Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali dan cara menghasilkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali. ... Posted by Eddy Wijaya Monday, 18 March 2013 5 komentar ... Banyak orang beranggapan bahwa memulai bisnis itu haruslah memiliki modal yang besar dan otak yang ... Maksud dari metode tersebut adalah anda bisa berjualan tanpa ...
5. Posting Lama - cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal
interpintar bahasa inggris mudah sekalitanpamodal.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-mendapatka...
14 Feb 2013 – Diulas oleh Abdul Rahman - 7 Feb 2013. Cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal diulas secara lengkap dan jelas untuk anda.
6. cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal
interpintar bahasa inggris mudah sekalitanpamodal.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/
14 Feb 2013 – Cara Mendapatkan Uang Dari Blog dan Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal | heri .... 6 Jan 2013 – A. Sulit Mendapatkan Usaha Online Tanpa Modal yang ...
7. Cara | Kerja Online Dibayar
kerjaonlinedibayar.pintar bahasa inggris mudah sekali/category/cara/
18 Feb 2013 – Cara Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal. Feb. 7. 2013.Cara Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal Apakah ada cara ...
8. cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal dan website
galleryanu.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-mendapatkan-uang-d...
8 Feb 2013 – anda punya niat pasti ada jalan, memang untuk menjadi sukses itu sulit perlu pengorbanan. nah sekarang silahkan anda jawab pertanyaan ...
9. cara mudah menghasilkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal - software ...
kalumpank.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-menghasilkan-uang-...
13 Mar 2013 – Dengan memanfaatkan berbagai media yang ada di Interpintar bahasa inggris mudah sekali, kitadapat membangun usaha yang akan menghasilkan pekerjaan tambahan ...
10. Masa Depan Cerah: Cara Dapat Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali,$100 tanpa Modal
masadepanmucerah.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-dapat-uang-...Bagikan
24 Feb 2013 – Bagaimana Cara Mendapatkan/ Menghasilkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali?, itu adalah pertanyaan yang Saat ini paling banyak di cari, ya memang ..
1. Februari 2013 - cara mendapatkan uang dengan mudah di interpintar bahasa inggris mudah sekali ...
galanz07.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013_02_01_archive.html
Senin, 25 Februari 2013. CARA DAPAT UANG DENGAN MUDAH. cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali 2013 ... sebuah artikel, dan tanpa sengaja, saya menemukan website yang menyediakan uang ... Butuh modal awal yang tidak kecil?
2. CARA MENCARI UANG DI INTERPINTAR BAHASA INGGRIS MUDAH SEKALI TANPA MODAL ATAU ...
updateberitamu.wordpress.pintar bahasa inggris mudah sekali/.../cara-mencari-uang-di-int...
29 Okt 2012 – CARA MENCARI UANG DI INTERPINTAR BAHASA INGGRIS MUDAH SEKALI TANPA MODAL ATAU GRATIS. Assalamualaikum Wr.Wb ... dimana saya bisa mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali? di sini. Ada begitu banyak .... 19 Januari 2013 @ 12:31. cara mendapatkan ...
3. Cara Cari Uang Lewat Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal | PELUANG USAHA ...
peluang-usaha-terhangat.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-cari-ua...
Peringkat: 100% - 99998 suara
17 Jan 2013 – Ada banyak bisnis di interpintar bahasa inggris mudah sekali yang dapat anda geluti. ... Sebenarnya ada cara mencari uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali yang lebih mudah. ... /peluang-usaha-terhangat.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/01/cara-cari-uang-lewat-interpintar bahasa inggris mudah sekali-tanpa-modal.html.
4. CARA MENDAPATKAN UANG Ribuan DOLLAR DARI INTERPINTAR BAHASA INGGRIS MUDAH SEKALI ...
wirajunior.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/.../cara-mendapatkan-uan...
oleh wira hadi - dalam 30 lingkaran Google+ - Lainnya oleh wira hadi
24 Okt 2012 – Tanpa berpanjang lebar informasi lebih lanjut : CaraCepat Mudah Mencari Mendapatkan Menghasilkan Uang dollar dari di Interpintar bahasa inggris mudah sekaliTemukan ...
5. Cara cepat kaya tanpa modal | peluangbisnisonlineblakblakan2013
peluangbisnisonlineblakblakan2013.wordpress.pintar bahasa inggris mudah sekali/.../cara-...
Dari sekian banyak peluang bisnis Cara cepat kata tanpa modal yang pernah ada, salah satu ... besar untuk mendapatkan penghasilan tanpa batas, sepanjang anda serius menjalankan program ... Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk menekuni bisnis interpintar bahasa inggris mudah sekali dibutuhkan ketrampilan ... Cari uang tanpa modal ...
6. cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal | mencari uang di ...
mencariuangdiinterpintar bahasa inggris mudah sekalidenganmudah.wordpress.pintar bahasa inggris mudah sekali/.../cara...
Posts about cara mendapatkan uang dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal written by bisnisindonesiaku. ... mencari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali dengan mudah 27 Januari 2013 ...
7. mencari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali dengan mudah ~ cara cepat kaya tanpa ...
caracepatkayatanpamodal.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../usaha-mod...
24 Jan 2013 – Banyak dari temen2 yang mencari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali dengan mudah mereka tertipu oleh berbagai BO yang scam.Kali ini ane mau kenalin sama ...
8. paketmisterius
paketmisterius.xtgem.pintar bahasa inggris mudah sekali/
Jika Anda Memiliki HP Ataupun komputer Yang Dapat Terkoneksi Interpintar bahasa inggris mudah sekali,Anda Sudah ... Syarat Yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang Lewat Bisnis Interpintar bahasa inggris mudah sekali Ini. ...bagaimana mengubah kondisi finansial anda dengan cara bisnis sederhana ...dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun,tanpa resiko,sederhana ...
9. Cara Mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal dhio
ecaramendapatkanuangdiinterpintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../car...
Kamis, 14 Februari 2013. Cara Mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modaldhio89.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali › Bisnis Online Aldio Rafsanjani oleh Aldio Rafsanjani - dalam...
10. Cara Menghasilkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal | [!!!] ArMoNz 4rt ...
armonz-4rt.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-menghasilkan-uang-...Bagikan
22 Feb 2013 – saya menemukan sebuah artikel tentang Cara Menghasilkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali. Awalnya sih saya hanya coba2 aja, lagian saya fikir gak ada ...
1. Cara Menghasilkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal | [!!!] ArMoNz 4rt ...
armonz-4rt.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cara-menghasilkan-uang-...
22 Feb 2013 – saya menemukan sebuah artikel tentang Cara Menghasilkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali. Awalnya sih saya hanya coba2 aja, lagian saya fikir gak ada ...
2. bisnis interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal: Februari 2013
bisnisinterpintar bahasa inggris mudah sekalitanpamodal1.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013_02_01_archi...
14 Feb 2013 – 22 Jan 2013 – Bisnis interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal.nah ini gan cara kerja dan ... Cara AMPUH Mendapatkan Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal | Tips ...
3. Ingin Tau Cara Cari Uang Tambahan Tanpa Modal Lewat Interpintar bahasa inggris mudah sekali ...
idebisnis-ideusaha.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013/.../cari-uang-tambaha...
Di interpintar bahasa inggris mudah sekali, banyak sekali cara mendapatkan uang. ... Dan ada pula yang bisa dijalankan tanpa menggunakan modal seperti bisnis PPC, PTC, affiliate dll.
4. Cara Mendapatkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Dengan Mudah dan Cepat ...
pengetahuankompi.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali › ... › IT › Latihan › Tutorial
4 Feb 2013 – Cara Mendapatkan Uang dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali Dengan Mudah dan CepatTanpa Modal ... Interpintar bahasa inggris mudah sekali Dengan Mudah dan Cepat Tanpa Modal, tetapi sebetulnya.... Software Antivirus Interpintar bahasa inggris mudah sekali Security Terbaik 2013 Jika Anda mencari ...
5. cara mencari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali: Februari 2013
ecaramencariuangdiinterpintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013_02_01_arc...
14 Feb 2013 – 24 Jan 2013 – Banyak dari temen2 yang mencari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekalidengan ... Cara Mencari Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Online Tanpa Modal (Free $5) ...
6. cara mendapatkan uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali: Februari 2013
ecaramendapatkanuangdiinterpintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/2013_02_0...
14 Feb 2013 – 26 Jan 2013 – Sekarang saya akan membagikan pengetahuan saya... 15 Des 2012 – Cara Mendapatkan Uang di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal, toko ...
7. Cara Mudah Dengan Cepat Mendapatkan Uang
kerjaonlinedibayar.pintar bahasa inggris mudah sekali/cara/cara-mudah-dengan-cepat-me...
Diulas oleh Abdul Rahman - 5 Feb 2013
Cara Mendapat Uang Dari Interpintar bahasa inggris mudah sekali ... 5 Feb 2013 | cara ... dari interpintar bahasa inggris mudah sekali baca artikel berikut ini klik cari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal. 2. Cara cepat dapat u Cara ...
8. Cara dapat uang gratis $10 dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal di ... - Cyber-One
cyberz-onez.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali/.../cara-dapat-uang-gratis-10-dar...
Cara dapat uang gratis $10 dari interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal di justbeenpaid. Beneran ga sih bisa dapat uang $10 gratis di interpintar bahasa inggris mudah sekali dan uang ini akan terus bertambah ...
9. Solusi jitu mendapatkan uang tanpa modal dari interpintar bahasa inggris mudah sekali | Iklan Gratis ...
rahasiawebsitepemula.pintar bahasa inggris mudah sekali/.../solusi-jitu-mendapatkan-uang...
Solusi jitu mendapatkan uang tanpa modal dari interpintar bahasa inggris mudah sekali. Posted on 06/03/2013 by aryamirza. Akhirnya diungkap, Bagaimana cara mendapatkan uang dari ...
10. Cara Cari Uang Di Interpintar bahasa inggris mudah sekali Tanpa Modal
socokangsi.pintar bahasa inggris mudah sekali.pintar bahasa inggris mudah sekali › ... › ide usaha › ide usaha mahasiswaBagikan
Sepertinya itu saja ulasan sedikit mengenai cara cari uang di interpintar bahasa inggris mudah sekali tanpa modal. Mudah-mudahan yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin ...


Semoga Bermanfaat untuk sahabat pembaca Tips-Tips Menjawab Soal Reading

Artikel Terkait

1 komentar :

  1. Unknown mengatakan...

    tolong di jawab dong para bloger


    tolong dijawab dong

    misalnya ada kalimat yang saya copas dari internet seperti ini :

    "but the newspapers announced the opening of the completed railway"

    1. kok pada kata announced nya harus pake ini,kok gk pake announce atau announcing ya?
    2. kok pada kalimat announced the opening of the completed railway harus announced the oppening kenapa gk announced the oppened kan sama2 past.
    3. tolong dijelasin dong penggunaan +ed sama +ing pada kalimat2.kadang ada juga yang saya baca ada kalimat yang membahas tentang masa lalu tapi di kalimat itu ada +ing nya.setau saya +ing itu untuk masa sekarang.
    4. untuk membedakan dalam kalimat bahasa inggris,misalnya memberi dan di beri ?
    msal : saya memberi
    saya di beri
    pada kata kerjanya tinggal di ganti apa ya?
    mohon dijawab sobat,thanks.